Mengenang Pahlawan di balik Bayangan Gempa Kobe 1995 dalam Dorama Kokoro no Kizu o Iyasu to Iu Koto

by - 22.49

Buku nonfiksi Kokoro no Kizu o Iyasu to Iu Koto. Sumber: amazon.co.uk

Kokoro no Kizu o Iyasu to Iu Koto merupakan drama jepang yang mengangkat biografi seorang psikiater muda bernama Katsumasa An yang di dalam drama diubah namanya menjadi Kazutaka An. Judul drama ini sendiri mengadopsi judul buku karangan sang dokter jiwa tersebut. To Heal Your Wounds dalam judul bahasa inggrisnya ini merupakan buku nonfiksi yang ditulis Katsumasa An ketika ia mengobati jiwa-jiwa para korban selamat pasca gempa besar Hanshin-Awaji yang terjadi pada Pada 17 Januari 1995 pukul 5.46 pagi. Ini merupakan gempa pertama yang terjadi di dekat pemukiman pasca perang dunia kedua. Dapat dibayangkan betapa terguncangnya hati para korban yang selamat. Dokter An merasa kesehatan mental memegang peranann penting dalam menyembuhkan trauma pasca gempa ini bagi mereka-mereka yang sehat raganya namun tidak jiwanya. Buku ini masih dpaat kamu dibeli di amazon.com, kok.

Versi drama Kokoro no Kizu o Iyasu to Iu Koto sangatlah singkat yakni hanya 4 episode saja. Cukup dengan 4 episode namun dapat membuat hati terenyuh. Dengan dialog yang tidak mencapai 400 di setiap episodenya, sudah menyentuh relung hati. Cerita yang padat namun tidak terburu-buru. Tidak menampilkan hiruk-pikuk kepanikan saat gempa, namun berkali-kali menampilkan gedung-gedung yang hancur, jalanan yang terbelah, korban yang bergelimpangan, dan korban selamat yang menyiratkan banyak kekhawatiran. Semua adegan moment of silence yang ditempatkan pas pada posisinya. Iringan musik yang juga sangat mendukung agar penonton dapat merasakan kesedihan yang mendalam namun tidak lupa untuk memastikan agar pesan yang ingin disampaikan oleh drama ini, buku ini, bahkan dari dokter An sendiri tepat pada sasaran. Drama ini dibuat untuk memeringati 25 tahun pasca gempa.

Katsumasa An dan anak. Sumber: nhk.or.jp

Katsumasa An atau dalam tatanan bahasa Jepang An Katsumasa (An nama keluarga) lahir pada 6 Desember 1960 di Osaka. Ia lahir dari ayah dan ibu yang merupakan orang Korea dan tinggal di Jepang disebut Zainichi. Anak kedua dari tiga bersaudara ini masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Kobe. Sang kakak telah menjadi insinyur energi nuklir. Kazutaka (nama di dalam dorama) menyatakan pilihannya untuk mengambil spesial jiwa (di Indonesia gelarnya Sp. KJ atau spesialis kesehatan jiwa). Ayahnya dengan keras menentang karena menurut sang ayah, dokter jiwa tidak begitu banyak dibutuhkan dan meminta Kazutaka mencontoh sang kakak yang sudah berhasil hingga dunia internasional untuk mengambil spesialis yang lebih banyak dibutuhkan. Kazutaka tetap pada pendiriannya. Dokter jiwa masih sedikit dan bukanlah hal mudah untuk memahami hati dan pikiran manusia, batinnya.

Tahun 1995, gempa Hanshin-Awaji terjadi. Kobe yang terletak 20 km dari pusat gempa terkena dampak dan penduduk Kobe menjadi korban tewas terbanyak. Dokter An terjun ke lapangan untuk memberikan bantuan terapi kejiwaan bagi para-para korban yang stres akibat gempa. Membantu mereka untuk bangkit, memberikan solusi agar para korban selamat ini dapat tidur nyenyak dan melanjutkan hidupnya kembali. Drama ini membuat kita tersadar bahwa sebuah bencana tidak hanya memberikan dampak secara fisik namun juga mental. Trauma di hati dan pikiran ini memang sulit dideteksi apalagi yang empunya hati kadang tidak mengerti dirinya sendir. Banyak orang yang denial dengan keadaannya sehingga kebanyakan dari mereka mengabaikan dan menganggap remeh kesehatan mental. Walau begitu, dokter An tidak tinggal diam. Ia bahkan memanggil teman sejawat psikiaternya yang tinggal dari berbagai kota untuk datang ke lokasi gempa dan membantu mengobati korban-korban ini.Atas langkahnya yang unik ini, seorang reporter pun memintanya untuk menulis artikel mengenai situasi pasca gempa dari sudut pandang seorang psikiater. Dari kumpulan artikel inilah yang kelak akan menjadi buku.

Mendapatkan gelar Doktor di Departemen Psikiatri, Fakultas Kedokteran, Universitas Kobe pada tahun 1997 di bawah didikan Hisao Nakai dan Naohiko Yamaguchi, ia pun aktif melakukan penelitian mengenai PTSD (post-traumatic stress disorder atau gangguan stres pascatrauma dan dissociative identity disorder (kepribadian ganda). Hasil dari penelitiannya bersama rekan-rekannya ini tertuang dalam judul Dissociative Identity Disorder and Childhood Trauma in Japan dalam jurnal Psychiatry dan Clinical Neurosciences Volume ke-52 dan Isu ke-51 yang terbit tahun 1998 dan dipublikasi secara online pada tahun 2002. Kamu bisa membaca jurnalnya di sini. Dari jurnal ini, kita dapat tahu kalau penelitian yang dilakukan Katsumasa An dkk ini memakan waktu lebih dari 4 tahun lamanya. Di drama diisyaratkan bahwa dokter An sangat ingin menulis mengenai ini agar orang-orang dapat mengerti para penderita dan agar para penderita tidak dikucilkan melainkan dirangkul bersama.


Wah! Kalau diingat, negara kita juga negara rawan bencana alam baik itu gempa, tanah longsor, banjir, dll. Hal ini membuatku selalu berdecak kagum bagaimana masyarakat Aceh dapat bangkit pasca porak poranda akibat Tsunami dan bagaimana saudara-saudara setanah air yang lain juga bisa bangkit dari masa-masa sulit. Doa kami menyertai kalian semua.

Kembali lagi ke dokter An. Ia terdiagnosis kanker hati pada tahun 2000 ketika istrinya sedang mengandung anak ketiga. Ia berusaha bertahan hidup setidaknya hingga ia bisa melihat anaknya lahir dan mendapatkan ide untuk nama si calon bayi. Saat sang istri mengalami konstraksi, ia pun sedang mengalami masa kritis. Rekan dokter An yang sudah lama bekerja bersamanya, dokter Kobayashi menyadari keadaan dokter An yang semakin parah hingga ia berinisiatif untuk memvideokan bayi tersebut agar dokter An dapat melihatnya. Dokter An meninggal dunia pada 2 Desember 2000. Ketiga anaknya dokter An yang sesungguhnya pun muncul dalam ending episode keempat, episode paling ambyar! Setiap episode menyuguhkan kehangatan hubungan sesama manusia baik dengan keluarga, sahabat, guru, rekan kerja, bahkan dari orang yang tidak kita kenal, bahwa kita sama-sama saling membutuhkan satu sama lain. 

Tasuku Emoto sebagai Kazutaka An. Sumber: asianwiki.com

Drama yang tayang pada Januari hingga Februari 2020 ini dibintangi oleh artis-artis terkenal seperti Tasuku Emoto yang berperan sebagai Kazutaka An. Aktor satu ini perawakannya sangat mirip dengan tokoh sebenarnya. Ia pun berhasil mempersonifikasikan karakter dokter An. Adapula Machiko Ono sebagai sang istri yang mampu menunjukkan chemistry yang sangat pas dan tidak berlebihan. Kodai Asaka sebagai dokter Kitabayashi, rekan yang paling sering bersama dokter An sepanjang karirnya. Gaku Hamada sebagai dokter Koji Yuasa, sahabat dekat Kazutaka sejak SMA sudah sama-sama bertujuan masuk kedokteran namun berpisah ketika Kazutaka An memilih psikiatri dan Yuasa meneruskan rumah sakit milik keluarganya. 

Walau dokter An sudah tiada, semoga kita dapat mengambil pelajaran dari karya-karyanya dan kisah hidupnya. 




You May Also Like

4 komentar

  1. Wah iya benar, pemerannya mirip dengan tokoh sebenarnya. Saya sering kagum sama para dokter spesialis kejiwaan ini, benar seperti kata tokoh di atas, memahami hati dan pikiran manusia bukanlah hal mudah.

    BalasHapus
  2. Suka~~ dapat rekomendasi nih. Pas sekali lagi ingin nonton dan temanya. Ada rekomendasi drama/film/buku yang serupa semoga ada lagi tulisannya di blog hehe

    BalasHapus
  3. Ah, kebetulan sekali beberapa minggu terakhir aku ingin nonton drama atau film dengan genre sejenis. Makasih, Kak rekomendasinya hehe

    BalasHapus
  4. Pengen nntn jadinya. Pengen nyoba masuk ke dalam cerita terus balik ke dunia nyata dan nyeritain semuanya. Makasih udah review iniii...

    btw, kalau boleh request, nanti review film dari buku2nya Akiyoshi Mal. Pengen tahu review dari kamu sebelum aku nntn hehehe

    BalasHapus