Yang perlu kamu tahu tentang GReeeeN, grup vokal dokter gigi asal Jepang

by - 23.10

GReeeeN merupakan salah satu grup vokal asal jepang yang begitu melejit di akhir dekade pertama abad 21. Hal yang paling menarik dari grup vokal yang melakukan debut pada 2007 lalu ini adalah kerahasiaan wajah mereka. Lagu-lagu karya GReeeen sangat easy-listening bahkan bagi kamu yang mungkin bukan penggemar lagu jepang. Musik yang mudah diterima dan lirik lagu yang kaya akan makna membuat GReeeeN dengan mudahnya diterima khalayak luas. Apa saja fakta dibalik GReeeeN?


1. Berprofesi sebagai dokter gigi


sumber: greeeen.co.jp

Bukan rahasia lagi kalau GReeeeN beranggotakan 4 orang dokter gigi. Grup vokal ini sendiri dibentuk saat mereka masih menjadi mahasiswa. Dalam film Kiseki: Ano Hi no Sobito yang mengangkat biografi grup ini dikisahkan bahwa manajer GReeeeN adalah kakak salah seorang anggota mereka, Jin. Jin yg memutuskan karir menjadi musisi namun takdir tidak berjalan mulus untuknya dan bandnya. Ketika Hide, adiknya menulis sebuah lagu, Jin membantu memoles lagu tersebut dan menjadi motor terjunnya GReeeeN ke dapur rekaman hingga merilis lagu. Kiseki sendiri memiliki arti keajaiban melambangkan bahwa GReeeeN terbentuk karena keajaiban.


2. Makna dibalik logo GReeeeN

sumber: greeeen.co.jp

Coba deh perhatikan dengan seksama. Jumlah huruf e pada kata GReeeeN memang tidak biasa. Bukan salah ketik, kok. Bukannya tanpa alasan melainkan itu mewakili jumlah anggotanya. Logo GReeeeN sendiri berbentuk mulut tersenyum yang terlihat gigi karena memang latar belakang profesi mereka.


3. Identitas yang dirahasiakan

sumber: greeeen.co.jp

Hingga kini, tidak ada yang tahu nama asli anggota GReeeeN. Nama yang digunakan dalam film Kiseki: Ano Hi no Sobito pun tidak dipastikan sebagai nama asli mereka. Hide, Sho, 92(Kuni), dan Navy begitu mereka dipanggil. Dalam film yang mengangkat kisah mereka itu, sempat terdengar memanggil dengan sebutan. Apakah itu nama asli mereka? Kita tidak tahu. Hal tersebut dimaksudkan demi kelancaran profesi mereka. Sangat menganggu jika para fans datang ke tempat mereka praktik. Lantas, bagaimana mereka menggelar konser? Tetap saja wajah mereka disembunyikan dengan proyeksi layar yang menampilkan siluet vocal grup ini.

4. Menembus rekor dunia

sumber: greeeen.co.jp

Siapa sangka lagu Kiseki dapat menembus rekor dunia dalam kategori Best Selling Download Single di Jepang oleh Guinnes World Record pada tahun 2009 hingga kini. Lagu ini menjadi lagu tema drama jepang berjudul Rookies. Pemain utama drama ini, Satou Ryuta menerima sertifikat dari pihak Guinnes World Record mewakili GReeeeN. Kiseki juga menjadi salah satu dari 3 lagu karya GReeeeN yang terjual lebih dari 5 juta copy. Dua lagu lainnya yaitu Ai Uta dan Haruka. Sama seperti Kiseki, Ai Uta juga dibuatkan filmnya, loh!

5. Produk kesehatan mulut

sumber: aramajapan

Berhubungan dengan profesi mereka, GReeeeN juga memproduksi berbagai alat kesehatan mulut dan mulai dijajakan secara nasional sejak September 2014. Produk-produk tersebut antara lain obat kumur, sikat gigi anti bakteri, sikat gigi dengan bulu sikat angat halus, dan benag gigi rasa mint. Bahkan GReeeeN juga merilis produk khusus anak-anak dengan rasa buah. Wah, GReeeeN sangat mencintai profesinya, ya!

6. Membawahi grup vokal remaja putri, WhiteeeeN


Kini GReeeeN juga menjadi produser bagi grup vokal berisikan 6 remaja putri, Whiteeeen yang debut pada 2015 lalu. Para gadis belia ini diaudisi oleh Jin sendiri dengan menyanyikan lagu Ai Uta. Kriteria utama audisi ini adalah suara karena seperti GReeeeN, mereka juga merahasiakan identitas mereka. Kana, Hima, Noa, Moa, Moca, Nene, dan Akagi merupakan code name mereka. Kenapa memilih kata white yang berarti putih? Apakah karena istilah yang terkenal adalah gigi putih? Hmm....


7. Lagu tema tim nasional basket tim putra dan putri Jepang


Sebuah prestasi lagi dari GReeeen yang baru-baru ini membuat bangga adalah lagu Kiseki yang di-remix oleh Japan Madness dinobatkan sebagai lagu tema timnas basket putri dan putra Jepang. Lagu Kiseki versi baru ini juga hadir dalam album terbaru GReeeeN bertajuk Daikyu atau Kesembilan. Album Daikyu baru saja dirilis 25 September lalu yang terdiri dari 14 lagu gabungan lagu beberapa lagu baru dan lagu lama yang di-master ulang.


8. Lagu yang bercerita


Tidak cukup dengan Kiseki saja, kembali hadir di tengah-tengah kita film yang dikembangkan dari lagu karya GReeeen, Ai Uta: Yakusoku no Nakuhito yang dirilis Januari lalu di Jepang. Psstt, tokoh utamanya juga main di Kiseki, loh! Inilah yang membuat fans berdecak kagum dengan karya GReeeeN yang selalu menandung cerita di setiap lagunya, Sebagai lagu temanya yang berjudul Yakusoku, GReeeeN berkolaborasi dengan No Title, grup band SMA yang memenangkan audisi.

Buat kamu yang tidak mau ketinggalan berita terbaru dari GReeeeN bisa diikuti akun twitter fanbase GReeeen di https://twitter.com/GReeeeN_fansID atau twitter ofisialnya langsung di https://twitter.com/ganso_GReeeeN .

Semoga kisah GReeeeN dapat mengisnpirasi kita untuk berkarya yaa!





You May Also Like

0 komentar