BRImo BRILink, Digitaliasi BRI Jadikan BRI Bestie Masyarakat Dulu Hingga Kini
Tampilan BRImo |
Kalau bicara soal BRI, yang paling terbekas dalam ingatan saya yaitu Simpedes-nya. Simpanan Pedesaan atau disingkat Simpedes ini pernah dibahas dalam maata pelajaran IPS saat masih SD. Ternyata, Simpedes sendiri telah diluncurkan sejak tahun 1984. Sejatinya, BRI atau Bank Rakyat Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia sejak berdiri tahun 1895. Simpedes sebelumnya bernama Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) merupakan bukti nyata bahwa BRI telah menjadi bank yang paling dekat dengan masyarakat hingga pelosok sejak dulu hingga kini.
BRI memang hadir hingga ujung masyarakat. Hal ini bedasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Saat ini, saya bekerja di daerah kategori sangat terpencil. Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Kesehatan di daerah pelosok, kerja keras kami ini dibayar melalui rekening BRI setiap bulannya. Awalnya, rekening kami dibuat oleh Kemenkes yang bekerja sama dengan BRI pusat. Namun, buku rekening dan kartu atm yang belum tiba membuat kami pun bingung untuk menarik uang. Digitalisasi BRI ini sungguh sangat menolong. Tanpa harus memiliki kartu atm, kita dapat langsung mengaktifkan BRImo dengan menggunakan notifikasi pembuatan rekening yang masuk lewat email atau pesan lewat nomor ponsel yang telah didaftarkan. Layanan tarik tunai tanpa kartu pun dapat menjadi pilihan. Meski buku tabungan dan kartu atm belum dalam genggaman, tetap bisa dapat gaji, dong. BRI memang bestie sejati!
Semua menjadi mudah karena BRI terus mengembangkan diri mengikuti zaman untuk tetap setia menjadi bestie masyarakat. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi layanan BRI ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, digitalisasi berarti proses pemberian atau pemakaian sistem digital. BRI pun mengupayakan semua urusan perbankan hadir dalam bentuk konvensional maupun digital (hybrid bank). Digitalisasi berkembang pesat apalagi sejak pandemi Covid-19 dimana kita semua secepatnya beradaptasi dengan kebiasaan baru salah satunya mengurangi kontak fisik. Digitalisasi hadir sebagai solusi masalah ini. Tak hanya itu, digitalisasi perbankan atau digital banking memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang selalu ingin melakukan transaksi dengan aman, mudah , dan ringkas.
BRImo: LAYANAN ANDALAN DIGITALISASI BRI
Ilustrasi fitur di BRImo |
Aman
Mudah
Ringkas
SERATUS FITUR BRImo
1. Fitur Favorit
2. Laporan Keuangan
3. Transfer dan Tarik Tunai
4. Top Up
5. Tagihan
6. Investasi
7. Iuran dan Donasi
8. Perjalanan
9. Pajak & Retribusi
10. Produk BRI
Grafik pengguna BRImo hingga tahun 2022 (Sumber: www.ir-bri.com) |
BRILink : INOVASI DIGITALISASI PERBANKAN
Ilustrasi Agen BRILink (Sumber: https://brilink.bri.co.id/) |
Salah Satu Agen BRILink di Pedesaan (Dokumentasi Pribadi) |
1. Keterbatasan akses layanan digital akibat keterbatasan jaringan2. Masyarakat tidak terbiasa cashless3. Masyarakat terutama berusia paruh baya sulit berlajar menggunakan BRImo4. Jarak menuju ATM center atau Bank jauh dari tempat tinggal
Transaksi dengan Agen BRILink (Dokumentasi Pribadi) |
0 komentar