BRImo BRILink, Digitaliasi BRI Jadikan BRI Bestie Masyarakat Dulu Hingga Kini

by - 13.09


Tampilan BRImo

Kalau bicara soal BRI, yang paling terbekas dalam ingatan saya yaitu Simpedes-nya. Simpanan Pedesaan atau disingkat Simpedes ini pernah dibahas dalam maata pelajaran IPS saat masih SD. Ternyata, Simpedes sendiri telah diluncurkan sejak tahun 1984. Sejatinya, BRI atau Bank Rakyat Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia sejak berdiri tahun 1895.  Simpedes sebelumnya bernama Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) merupakan bukti nyata bahwa BRI telah menjadi bank yang paling dekat dengan masyarakat hingga pelosok sejak dulu hingga kini.

BRI memang hadir hingga ujung masyarakat. Hal ini bedasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Saat ini, saya bekerja di daerah kategori sangat terpencil. Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Kesehatan di daerah pelosok, kerja keras kami ini dibayar melalui rekening BRI setiap bulannya. Awalnya, rekening kami dibuat oleh Kemenkes yang bekerja sama dengan BRI pusat. Namun, buku rekening dan kartu atm yang belum tiba membuat kami pun bingung untuk menarik uang. Digitalisasi BRI ini sungguh sangat menolong. Tanpa harus memiliki kartu atm, kita dapat langsung mengaktifkan BRImo dengan menggunakan notifikasi pembuatan rekening yang masuk lewat email atau pesan lewat nomor ponsel yang telah didaftarkan. Layanan tarik tunai tanpa kartu pun dapat menjadi pilihan. Meski buku tabungan dan kartu atm belum dalam genggaman, tetap bisa dapat gaji, dong. BRI memang bestie sejati!


Semua menjadi mudah karena BRI terus mengembangkan diri mengikuti zaman untuk tetap setia menjadi bestie masyarakat. Salah satunya dengan melakukan digitalisasi layanan BRI ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, digitalisasi berarti proses pemberian atau pemakaian sistem digital. BRI pun mengupayakan semua urusan perbankan hadir dalam bentuk konvensional maupun digital (hybrid bank). Digitalisasi berkembang pesat apalagi sejak pandemi Covid-19 dimana kita semua secepatnya beradaptasi dengan kebiasaan baru salah satunya mengurangi kontak fisik. Digitalisasi hadir sebagai solusi masalah ini. Tak hanya itu, digitalisasi perbankan atau digital banking memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang selalu ingin melakukan transaksi dengan aman, mudah , dan ringkas.

BRImo: LAYANAN ANDALAN DIGITALISASI BRI

Ilustrasi berbagai fitur di BRImo
Ilustrasi fitur di BRImo


BRImo merupakan layanan digitalasi BRI yang paling unggul dan difavoritkan. BRImo sendiri merupakan pembaruan dari BRImobile. Konsep mudah, ringkas, dan aman benar-benar diterapkan dalam aplikasi mobile banking milik BRI ini.

Aman

Penggunaan sistem sidik jari (finger print) dan pengenalan wajah (face recognition) menjadikan BRImo aplikasi yang tentunya aman. Buat yang sering lupa username dan password tidak perlu khawatir lagi. Jika tiba-tiba ponsel menghilang, BRImo tidak akan mudah diakses karena akan otomatis keluar sendiri meski tanpa dikeluarkan dengan sengaja karena akses terhadap aplikasi BRImo ini berbasis OTP (One Time Password).

Mudah

Aplikasi BRImo dapat kamu instal sendiri dari Playstore. Pembuatan akunnya pun mudah. Seperti cerita saya di atas, cukup siapkan data diri dan nomor rekening, scan KTP, hingga foto diri, akunmu sudah siap. Jika terdapat kendala, segera hubungi customer service BRI.

Cara penggunaannya pun mudah. BRImo menggolongkan transaksi berdasarkan kategori yang memudahkan pengguna. Bahkan tanpa tutorial pun sepertinya cukup mudah dimengerti. Tinggal klik klik, transaksi beres dalam hitungan detik.

Ringkas

BRImo menggabungkan mobile banking, internet banking, dan uang elektronik dalam satu aplikasi. Predikat Super Apps dan financial superstore pun melekat padanya. Kehadiran lebih dari 100 fitur di dalamnya membuat para nasabah betah menggunakan BRI. Tidak hanya transfer uang dan tarik tunai tanpa kartu, kamu juga bisa mengisi saldo e-wallet. Fitur untuk mendukung UMKM juga tersedia lengkap di sini. Fitur ini digolongkan dalam berbagai kategori yang membuatnya ringkas ekaligus mudah diakses.

SERATUS FITUR BRImo

1. Fitur Favorit



Transaksi yang paling sering kamu gunakan masuk dalam kategori fitur favorit. Kategori ini hadir karena BRImo menggunakan teknologi yang berasarkan User Interface dan User Experience.

2. Laporan Keuangan



Laporan Keuangan membantu nasabah melakukan Personal Financial Management (PFM) dalam menginformasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan selama bertransaksi menggunakan BRI. Buat kamu yang lupa uangmu dipakai dan didapat kapan dan dari mana saja dapat kamu lihat di fitur Catatan Keuangan ini. Transaksi yang lebih lama dapat kamu lihat di Mutasi. Hebatnya, fitur Mutasi ini dapat menilik semua transaksi hingga 1 tahun terakhir, loh!

3. Transfer dan Tarik Tunai



Kategori ini berhubungan dengan pemindah bukuan keuangan yang terdiri dari  fitur: Konversi Valas, QR Pedagang, Setor Tunai dan Tarik Tunai tanpa Kartu, Transfer hingga Transfer Internasional.

4. Top Up



Memang sudah menjadi Bestie, BRI pun paham kebutuhan hobi nasabahnya yang dipenuhi secara digital. Para penggemar belanja, Top Up dompet digital (e-wallet) tentu menjadi favorit. Para penggemar film maupun drama, Top Up voucher Streaming menjadi pilihan utama. Untuk para gamer tentunya juga mendapatkan fitur bermakna yakni Top Up Voucher Game. Seriang keluar masuk pintu tol? Top Up Brizzi juga hadir bagi kamu yang sering melakukan transaksi dengan e-money. Eits, kehabisan pulsa saat perlu telepon mendadak, Top Up Pulsa/Data juga tersedia. Hidup jadi lebih mudah dengan BRI, bukan?

5. Tagihan



Transaksi kebutuhan rumah tangga dapat diselesaikan lewat satu pintu, apalagi kalo bukan BRImo. Pembayaran listrik, PDAM, Pendidikan, NPMB, Telkom, tagihan TV Kabel dan internet, tagihan kartu kredit, hingga pembayaran asuransi semua dapat dilakukan di aplikasi finansial superstore satu ini.

6. Investasi



Fitur ini cocok banget buat para investor terutama menyasar investor muda yang melek teknologi. Reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), hingga investasi emas bisa kamu lakukan melalui BRImo. Siapkan informasi data diri dan pekerjaanmu maka kamu akan terdaftar enjadi investor SBN. Tenang saja karena ini SBN, tentunya sudah dijamin oleh pemerintah.

7. Iuran dan Donasi



Buat kamu yang tidak punya waktu mau berbagi rezeki, fitur Donasi dapat menjadi perpanjangan tangan. Pembayaran iuran bulanan BPJS juga termasuk dalam kategori ini.

8. Perjalanan



Selalu manjakan hobi nasabahnya, BRImo menyediakan fitur pembelian tiket perjalanan jauh dengan moda transportasi darat. Mari kita tunggu BRI untuk segera mengembangkan fitur satu ini agar lebih mudah membeli tiket pesawat hingga kapal, hehe.

9. Pajak & Retribusi



Warga negara yang baik adalah yang taat membayar pajak. Tidak perlu ribet karena dapat dilakukan lewat ponselmu di aplikasi BRImo.
Mungkin banyak nasabah yang bingung, apa sih fitur Penerimaan Negara? Berdasarkan pengalaman pribadi, fitur ini berguna ketika harus membayar pendaftaran maupun perpanjangan STR, cukup pilih fitur ini  kemudian masukkan 15 angka kode billing yang biasanya diberitahukan di e-mail yang telah dimasukkan.

10. Produk BRI



BRI dikenal sebagai Pahlawan UMKM di Indonesia dan bukan hanya isapan jempol belaka.  Kemudahan yang dihadirkan BRI membuat pengusaha UMKM tidak perlu ragu untuk mengembangkan usahanya. BRI lewat fitur Ceria akan siap memberikan pinjaman modal hingga Rp20 juta dengan tenor maksimal 12 bulan. Ceria juga memfasilitasi tren transaksi saat ini yang membeli barang terlebih dahulu dan dibayar dengan cicilan atau buy now pay later.

Tidak sebatas itu, BRI mempermudah pemilik usaha untuk menjadi merchant BRI yang dapat didaftarkan hanya lewat BRImo. Dengan menjadi merchant BRI, para pelanggan punya pilihan cara membayar. Bagi yang lebih senang transaksi cashless dapat menyelesaikan pembayaran dengan scan QR Code. Semua cara dilakukan BRI Untuk Indonesia tercinta.


Grafik pengguna BRImo hingga tahun 2022 (Sumber: www.ir-bri.com)


Dengan keamanan, kemudahan, dan keringkasan yang dihadirkan, BRImo telah memiliki 23,85 juta user terhitung sejak diluncurkan Februari 2019 hingga tahun 2022 meningkat pesat dari tahun sebelumnya. Peningkatan ransaksi, volume, hingga pengguna BRImo dapat dilihat dalam grafik di atas. Peningkatan ini menunjukkan BRImo memang bikin nasabah betah bertransaksi.

BRILink : INOVASI DIGITALISASI PERBANKAN

Ilustrasi Agen BRILink (Sumber: https://brilink.bri.co.id/)

Terobosan yang hanya dilakukan oleh BRI untuk mencapai layanan perbankan langsung di masyarakat pedesaan dan pelosok adalah Agen BRILink. Kehadiran Agen BRILink ini menjadi perpanjangan tangan BRI dalam melayani masyarakat untuk melakukan transkasi perbankan secara real time online. Bisnis agen bank ini menggunakan konsep sharing fee dan tanpa modal. 


Salah Satu Agen BRILink di Pedesaan (Dokumentasi Pribadi)

Kehadiran Agen BRILink ini membantu masyarakat terutama masyarakat pelosok pedesaan yang memiliki keterbatasan akses baik untuk akses layanan digital BRI seperti BRImo atau pun layanan konvensional BRI seperti ATM Center dan Bank. Agen BRILink menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat yang biasanya muncul di daerah pelosok dan pedesaan seperti:

1. Keterbatasan akses layanan digital akibat keterbatasan jaringan
2. Masyarakat tidak terbiasa cashless
3. Masyarakat terutama berusia paruh baya sulit berlajar menggunakan BRImo
4. Jarak menuju ATM center atau Bank jauh dari tempat tinggal



Transaksi dengan Agen BRILink (Dokumentasi Pribadi)

Inovasi agen bank ini pun meraih penghargaan sebagai The Banker Innovation in Digital Banking Awards 2023: Transformation Project. Hal ini sangat pantas diraih BRI karena pencapaian jumlah Agen BRILink hngga paruh pertama tahun 2023 sudah sebanyak 666.038 agen. Agen-agen ini tersebar di 59.205 desa yang berarti telah meliputi 80% dari total desa di Indonesia. BRI memang bestie seluruh kalangan masyarakat!

Tidak terlepas dari pengalaman saya sendiri yang saat ini bekerja di daerah sangat terpencil, kehadiran Agen BRILink sangat membantu kehidupan. Jarak yang cukup jauh dan waktu tempuh yang lama untuk menuju ATM Center maupun Bank yang terletak di pusa pemerintahan Kabupaten membuat kehadiran Agen BRILink menjadi kebutuhan yang berarti. Hanya saja, terkadang jumlah biaya administrasi yang tidak menentu membuat masyarakat bingung.

KESIMPULAN DAN SARAN

Setelah lebih dari satu abad berkembang dan maju bersama negri, BRI tetap akan terus berbenah diri untuk mempermudah masyarakat Indonesia. Kedepannya, diharapkan BRI dapat menambah fitur yang lebih bervariasi lagi di dalam aplikasi BRImo seperti pembelian tiket perjalanan via transportasi laut mau pun udara, menghadirkan lebih banyak aplikasi untuk voucher streaming, atau bahkan BRI dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyediakan voucher seminar pendidikan untuk para pekerja dengan berbagai profesi dan latar belakang.

Selanjutnya, diharapkan BRI menetapkan biaya administrasi yang transparan untuk setiap Agen BRILink yang tentunya berada di bawah pengawasan langsung pihak BRI. Mari kita nantikan terbosan baru yang anti gagal dari bestie masyarakat satu ini!



Tulisan ini diikutsertakan dalam BRI Write Fest 2023


Sumber:
https://brilink.bri.co.id/
https://bri.co.id/
https://bri.co.id/en/web/ppid/detail-news?title=dukung-perekonomian-rakyat-bri-group-berdayakan-segmen-ultra-mikro-bangun-sharing-economy-agenbrilink
https://www.ir-bri.com/newsroom/c5328125b2_77ef9375f9.pdf
https://digital.bri.co.id/article/transformasi-digital-perbankan-bri-tren-disruptif-8qie
https://developers.bri.co.id/id/news/menilik-tren-pembayaran-digital-di-indonesia-dan-peran-briapi-di-dalamnya

You May Also Like

0 komentar