Mengenal Ryunosuke Kamiki, pemilik suara Taki- Kimi no Na wa

by - 17.34

Tahun 2016 menjadi tahun mengejutkan bagi dunia perfilman animasi Jepang. Kimi no Na wa atau Your Name yang dirilis Agustus 2016 ini menjadi film animasi terlaris sepanjang masa di Jepang menggeser Spirited Away, film animasi legendaris Jepang yang sebelumnya berhasil meraih penghargaan Oscar. Kimi no Nawa pun juga sempat digadang-gadang akan meneruskan jejak pendahulunya tersebut. Mengangkat kisah yang unik, Makoto Shinkai melalui Kimi no Nawa mampu menggaet penghargaan sebagai Naskah terbaik pada Japan Academy Prize ke 40.
Di balik film yang berkelas, tentunya banyak bakat-bakat berkualitas yang bekerja sama. Kimi no Nawa berkisah tentang seorang siswa SMA, Mitsuha, yang tinggal di sebuah desa kecil yang sangat ingin menjadi anak laki-laki tinggal di kota. Suatu hari ia bertukar jiwa dengan sosok imajiner yang ia inginkan (anak laki-laki tinggal di kota), Taki Tachibana. Suatu ketika pertukaran mulai terhenti, Taki pun penasaran. Ia bertekad mencari Mitsuha ke tempat yang tidak ia ketahui. Hanya gambaran samar yang ia ingat menjadi petunjuknya. Kenyataan yang ia temukan di tempat ia tinggal saat menjadi Mitsuha begitu tidak masuk akal. Waktu paralel turut ambil bagian dalam pengembangan cerita yang semakin menarik.

Film animasi tidak terlepas dari para pengisi suara yang mampu mengekspresikan perasaan karakter, salah satunya Ryunosuke Kamiki, pemilik suara Taki yang juga harus menyuarakan Mitsuha dalam tubuh Taki. Yuk kita kenali lebih dekat salah satu Golden Generation yang sudah berjibaku dalam dunia perfilman Jepang ini.

1. Memulai karir di usia belia melalui Amuse

sumber: twitter @UETSUKI
Ibu Kamiki telah mendaftarkannya ke agensi Amuse sejak berusia 2 tahun. Seiyuu merupakan profesi pertama yang ia geluti sebelum akhirnya menjadi seorang aktor pada usia 6 tahun. Ia bahkan disebut sebagai golden boy-nya Amuse dan pencetak uang terbesar bagi Amuse di masa depan. Agensi ini sudah menelurkan banyak bintang besar seperti Takeru Satoh, Haruma Miura, Kento Kaku, One OK ROCK, Flow, dll.

2. Lulusan Horikoshi Gakuen

sumber: japanesestation
 SMA superelit di Tokyo ini merupakan ladangya para selebritis Jepang menuntut ilmu. Pria kelahiran 19 Mei 1993 ini lulus dari sekolah ini bersama dengan teman seangkatannya yang juga ternama di bidang hiburan seperti beberapa anggota Hey! Say! JUMP (Yuri Chinen, Ryosuke Yamada, Yuto Nakajima), Shuhei Nomura, Mirai Shida, Shogo Sokamoto, dll.

3. Membintangi tokoh utama Live Action

sumber: imdb
Namanya telah muncul dalam hampir 30 film namun di antaranya peran Kamiki dalam dunia Live Action tidak diragukan lagi. Ia berhasil menarik perhatian berbagai judul untuk menjadikannya sebagai tokoh penting dalam film yang memanusiakan tokoh dari dunia anime, manga, atau light novel ini. Sebut saja film Rurouni Kenshin dimana Kamiki bekerja sama dengan seniornya dari agensi yang sama, Takeru Satoh. Ia berperan sebagai Soujiro Seta tokoh antagonis yang bertarung melawan Kenshin. Film yang dibuat dalam waktu setengah tahun itu memperlihatkan kehebatan Kamiki sebagai seorang aktor laga, karena sebagain besar adegan diperankan langsung oleh aktor, tanpa stuntman. Tidak cukup di situ saja. Duet Kamiki dan Take-kun juga ditemukan dalam Live Action Bakuman. Jojo's Bizarre Adventure dan Sangatsu no Lion adalah dua judul selanjutnya yang memperlihatkan Kamiki memanusiakan karakter animasi.

4. Turut andil dalam film Spirited Away

Ternyata, Kamiki juga menyumbangkan suaranya dalam film animasi legendaris yang disebut-sebut ditandingi oleh Kimi no Nawa. Kamiki menyuarakan tokoh Boh dalam film tersebut. Suara Kamiki juga bisa kita dengar dalam beberapa judul anime lain yang terkenal seperti The Secret World of Arrietty yang dirpoduksi Studio Gibli, Summer Wars, Piano no Mori, dan masih banyak lagi.

5. Bermain dalam J-drama terkenal, Tantei Gakkuen Q salah satunya

Dorama Keiji Yugami
Penggemar dorama atau drama jepang sudah tidak asing lagi dengan Detective School Q. Serialisasi dari manga yang diangkat dari judul sama ini berhasil mengangkat nama Kamiki yang pada saat itu masih bersekolah  sekaligus menjadi debut rekan se-angkatannnya dalam dunia aktor, Yamada Ryosuke. Tidak cukup sampai di situ saja, Kamiki yang sudah mencatatkan namanya dalam hampir 40 drama sebut saja Gakko no Kaidan, SPEC, Bloody Monday hingga Keiji Yugami. Ia pun meraih penghargaan dari perannya sebagai detektif muda dalam drama tahun 2017 tersebut.

6. Sangat menggemari karya Makoto Shinkai

sumber: manga.tokyo
Setelah sekian lama berjibaku dalam dunia pengisi suara, akhirnya Kamiki mendapatkan penawaran paling menarik dalam hidupnya, memerankan tokoh yang dibuat oleh idolanya sendiri. Saat pertama mendapat tawaran tersebut, Kamiki sempat berpikir apakah itu hanya prank belaka. Ia mengaku begitu menyukai karya Makoto Shinkai seperti 5 centimeters per second dan Kotonoha No Niwa. Ia pun tidak menyangka akan ikut beraksi dalam karya sutradara favoritnya.

7. Membuat panggilan unik

Film Rurouni Kenshin
Kamiki punya kebiasaan memanggil rekannya dengan panggilan dalam drama mereka bekerja sama. Sakurai Sho dan Emi Takei salah duanya. Dalam program tv VSArashi, Kamiki memanggil Sakurai Sho dengan sebutan Sakurai-Sensei karena mereka pernah bermain dalam drama yang sama dimana Sakurai menjadi gurunya. Sedangkan panggilan Okaa-san dituturkan pada Emi Takei yang pada kenyataanya lebih muda beberapa bulan darinya. Panggilan tersebut berasal dari Taiga Dorama, dimana ia harus berperan sebagai anaknya.

8. Meraih penghargaan saat remaja

Kamiki yang berperan sebagai tokoh utama dalam film The Great Yokai War mendapatkan penghargaan atas penampilannya yang begitu apik dan memukau. Ia menjadi salah satu yang dinobatkan sebagai Rookie of the Year pada Japan Academy Prize ke 29, ajang penghargaan perfilman paling bergengsi di Jepang.

Di tahun 2019 ini, Kamiki akan kembali hadir mewarnai layar bioskop dalam Fortuna's Eye, Last letter, dan Murder at Shijinso. Kita tunggu saja penampilannya!

You May Also Like

0 komentar