HARI WANITA, HARI KARTINI. KENAPA HARUS HARI KARTINI?

by - 06.47

Seperti yang kita sama-sama udah tau, udah "dikoar-koarin" dari zaman SD kalo setiap tanggal 21 april di negri kita memperingatkan yang namanya hari kartini. Kemaren kan yaa?

Jadi semalem, sempet baca status seseorang yg lewat di home fb, ga kenal sih tapi dishare sama temen. Intinya bilang kenapa yg diperingatin hari kartini? Padahal kan ada wanita Indonesia lain yang perjuangan jauh lebih dulu dibanding ibu kartini. Contohnya Cut Nyak Dien mungkin dari sekian banyak pahlawan wanita lain dengan perjuangan ga kalah luar biasa yang kita juga ga tau karena pendokumentasian yang tidak memadai zaman penjajahan. Cut Nyak Dien. Pahlawan wanita dari aceh yang sangat tangguh.

Jadi inget pas SMP, disuruh bikin ringkasan biografi dari buku, dan gue nemu Biografi Cut Nyak Dien di toko buku. Kalo mau ngeringkas buku yaa mesti dibaca dulu dong. Bunda gue juga tertatik buat baca sekalian nolongin gue hehe.

Bukunya itu wow banget... tebelnya .___. *eh* maksudnya isinya. Cut Nyak Dien yang ikutan perang demi kemerdekaan. Pas gue ngebaca plus ngeringkas, gue sempet mikir kenapa ga ada hari Cut Nyak Dien aja? Kenapa hari kartini?

Pas gue nonton IL*K semalem, ada panelis yang biada bikin sebel host dan panelis lain karena hasil risetnya yg ribet *ga sebut merk* tapi lagi normal normalnya *soalnya IL*K udah mau abis kalo dia udah bener*. Dia bilang, kurang lebih seperti ini lah yaa, banyak wanita indonesia yang melakukan perjuangan, tapi yang bikin kartini beda adalah dia menulis. Makanya wanita modern jangan mau kalah. Juga harus rajin menulis. Karena dengan menulis kita akan menjadi bagian dalam sejarah, kalo ga nulis kita bakal hilang dalam sejarah. Ditambahin sama pembawa acaranya, karrna dengan menulis mrmbuat paradigma prngetahuan baru untuk para generasi selanjutnya.

Nah, sudah terjawablah rasa penasaran si pemilik status yang gue ga tau siapa dan penasaran gue dong tentunya dan mungkin rasa penasaran kalian juga.

Hikmah yang dapat kita ambil dari tulisan di atas adalah : Semoga para generasi penerus dan tidak hanya mereka, ibu-ibu mulia yang menjalani tugas utamanya  mengurus rumah tangga, agar tidak malas membaca dan menulis.

"Tidak sekedar memperingati hari Kartini dengan berpakaian ala Kartini aja, tapi juga meneladani kebiasaan beliau, yaitu gemar menulis dan membaca."
- comot kata-kata kak Hani

You May Also Like

0 komentar