7 Webtoon Romance Lokal yang Menguji Perasaanmu

by - 18.02

Budaya membaca lewat alat digital semakin digemari. Melaksanakan hobi membaca pun jadi lebih ringkas dari gawai yang hampir dimiliki semua orang. Menghadirkan berbagai ratusan judul komik daring dari berbagai genre, webtoon menjadi aplikasi yang digemari walau baru hadir di Indonesia 2015 lalu. Tak jarang webtoon mengadakan kompetisi untuk para artist dan author berbakat di luar sana untuk mempublikasikan karyanya. Berikut 7 webtoon lokal dengan genre romance dengan cerita yang bikin baper dan geli sendiri.

1. Matahari 1/2 lingkar

Kisah romansa murni tanpa ada konflik lain yang menyertai. Eits, tentu tidak ada kebosanan yang dihadirkan di sini. Berkisah tentang seorang gadis bernama Kayra yang pada masa putih abu-abunya menyukai teman sekelasnya bernama Arka. Arka berarti matahari yang tentu saja menjadi matahari bagi Kayra. Sebaliknya, Arka juga menyukai sosok berpangggilan Kai itu. Sayangnya, kisah kasih mereka tak sampai hingga mereka lulus SMA dan menjalani kehidupan masing-masing. Kai bagai berhati batu, dia menjalani kehidupannya yang hampa tanpa cinta. Dua sahabat Kayra terus berusaha menghibur agar move on ke lain hati. Dialah Shei, wanita beranak satu yang sering mengenalkan para pria jomblo untuk pdkt dengan Kai, dan Joy yang merupakan tantenya Arka, (masih) seorang gadis yang dengan keras menentang hubungan Arka dan Kai lebih lanjut setelah apa yang terjadi di masa lalu. Semesta tidak sebaik itu membiarkan yang tidak terselesaikan dipaksa lupa begitu saja. Arka dan Kai bertemu di waktu dengan perasaan yang tidak terduga. Hati siapa yang tidak goyah? Kedekatan yang maju-mundur antar hubungan cinta para tokoh bikin pembaca ikut terombang-ambing oleh perasaan.

Bumbu-bumbu komedi pun tersuguhkan dengan hadirnya pasangan Aydan-Joy. Aydan berkepribadian ramah. Dia tidak tergesa-gesa untuk menjadi kekasih Kai melainkan menawarkan diri menjadi teman jika Kai memang belum bisa menggerakkan hatinya. Aydan sang koki keren keturunan Turki tapi jomblo yang pada awalnya diperkenalkan Shei, malah kepincut sosok Joy yang tomboy nan alim, saat pandangan pertama. Ini kapalkuuu ToT. Grafis yang memanjakan mata dengan warna lembut dan alur cerita yang menyentuh membuat kamu betah membacanya sampai habis dalam sekali duduk.
Matahari 1/2 Lingkar karya Chairunnisa Puspasari ig: @kunciberlari

2. Lara(s)hati dan Zona Maya

Walau judulnya Lara(s)hati tapi ini bukan perihal hatinya Laras. Ini soal hatinya Radi alias Raditya Mahardika, sang tokoh utama. Radi menaruh hati pada Laras, jelita pujaan satu sekolahan, cucunya kepala sekolah. Pedal, grup kumpulan orang-orang yang ditolak Laras. Rumor menegenai pedal menyebar di sekolah namun belum tentu benar keberadaannya. Suatu ketika Radi diundang dalam grup ini dan memutuskan untuk bergabung setelah terbakar kecemburuan. Pasalnya adalah grup ini banyak aturan. Radi merupakan anak berandal yang hobi kelayapan namun anggota grup pedal ternyata bukanlah orang yang lebih baik. Ketika Radi mencium kebusukan grup ini, ia memutuskan untuk meninggalkannya. Hal tersebut berdampak pada kehidupan sekolah Radi yang diteror. Tidak hanya Radi, Maya juga turut terseret. Radi pada awalnya cuma ingin jadi mak comblang Maya-Tara agar bisa ngedeketin Laras. Konon katanya Tara ini sosok yang dianggap serasi mendampingi Laras namun Maya juga naksir Tara, memang kesempatan emas buat Radi. Namun masalah itu perlu disingkirkan dulu karena Radi harus melindungi Maya dari urusan per-Pedal-an. Kisah cinta anak SMA dengan konflik khas berandalnya anak muda tersajikan di sini. Kepada siapa hati Laras akan berlabuh?

Setelah lama menunggu, terbitlah sequelnya berjudul Zona Maya. Kemunculan tokoh lama belum lagi adanya tambahan tokoh baru membuat ceritanya menjadi lebih segar. Webtoon Zona Maya terbit setiap senin dan masih on going nih. Walau judulnya Zona Maya, sama seperti Lara(s)hati, kehidupan tokoh lain juga mendapat jatah dengan porsi yang sesuai.Webtoon ini menggunakan gaya bahasa yang berbeda untuk menyesuaikan karakter. Radi yang menggunakan bahasa sedikit kasar, Maya yang menggunakan bahasa terstruktur, sopan, dan kaku, Tara dan Laras menggunakan bahasa yang sedang-sedang saja. Kita seperti mengikuti perkembangan kemampuan sang artist dalam bercerita dan berilustrasi karena semakin lama gambarannya semakin mulus dan indah begitu pula ceritanya.

Zona maya karya @tupaikidal

3. Flawless

Webtoon terkenal sampai mancanegara hingga mendapat 20 terjemahan bahasa berbeda ini mengisahkan tentang Sarah, cewek tomboy nan tangguh yang "kebetulan" bertemu dengan Elios, cowok penyandang tuna netra. "Aku ini buta, bukannya bego." kata-kata yang paling sering diucapkan Elios, and it makes sense. Walau ia mendapatkan cacat pada matanya sejak lahir, ia seperti tidak kekurangan sesuatu apapun pada dirinya. Pada awalnya, Sarah yang diketahui sudah mulai tumbuh rasa suka terhadap Elios malah dimanfaatkan Elios, yah memang cinta itu buta. Namun siapa sangka, justru itu yang membuat mereka semakin dekat. Elios memang dapat "melihat" yang tidak bisa orang normal lihat melalui kepekaan telinganya dan juga kecerdasan analisisnya. Elios tinggal di panti asuhan Benthania bersama beberapa anak disabilitas lainnya dengan Bunda Ana. Elios memiliki seorang teman yang saling menguntungkan (macam simbiosis mutualisme kali yaa), namanya Sigit yang rumahnya berlokasi tepat di sebelah panti asuhan. Selain Sigit, Sarah, dan anak-anak panti, Elios juga memiliki anak buah, Joan dan Jean yang merupakan anak konglomerat dan dengan sukarela membantu Elios.
Hingga saat ini, flawless masih on-going pada episode 209. Di awal ceirta, Sarah dan Elios masih duduk di bangku kelas 9 SMP. Agar bisa lebih dekat dengan Elios, Sarah berusaha untuk masuk ke SMA elite dan terkenal akan kepintaran murid-muridnya, Koios. Jujur saat membaca nama Koios jadi langsung kepikiran Keio, ehehe. Elios yang dulu terkenal keji mulai berubah sifatnya setelah mengenal Sarah. Dimulailah kehidupan Sarah-Elios serta orang-orang baru di SMA-nya.

Flawless karya @shinshinye6
Webtoon ini seperti meluruskan paradigma-paradigma yang umumnya keliru terhadap penyandang disabilitas. Dengan membaurkan semua karakter dalam satu lingkungan pergaulan menyadarkan kita bahwa sudah sepantasnya kita berjalan bersama dengan saudara-saudara kita, para penyandang disabilitas

4. My Pre-Wedding dan Pasutri Gaje

Menghadirkan kisah romansa dengan cara baru yang gokil, unik, penuh kearifan lokal, dan sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa pacaran, Adimas, lelaki ganteng idaman banyak perempuan berniat melamar Adelia nan cantik. Keduanya berprofesi sebagai PNS. Adimas di kantor kelurahan dan Adelia di kantor kecamatan. Kebetulan kantor mereka memang bersebelahan. Adelia ini dikenal Adimas melalui sohib karibnya, Meka Satria yang juga sepupu Adelia. Yang namanya mau nikah pasti ada aja halangannya, mulai dari sulitnya mendapat restu Bapaknya Adek, sampai sang mantan yang tiba-tiba muncul. Di my pre-wedding menceritakan suka duka mempersiapkan pernikahan dengan modal yang mereka punya. Kalau di Pasutri Gaje mengisahkan bagaimana si Mas dan Adek menjalani kehidupan bahtera rumah tangganya. Yaaa, yang namanya nikah banyak banget perhitungan yang harus ditinjau. Itulah nilai plus dari webtoon karya mbak Annisa Nisfihani yang menghadirkan cerita dengan sangat realistis. Tidak cuma kedua bintang utama, karakter sekunder juga dapat jatah muncul yang lebih banyak seperti si blasteran Ningsih yang dengan gokilnya ngedektin Meka yang masih malu-malu, tentang keluarga dan Mbak Linda, belum lagi muncul tokoh-tokoh dari masa sekolah Adimas dan Meka lainnya.

Kedua webtoon ini mengambil Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur sebagai latar tempatnya. Ini juga menjadi ciri khasnya. Terkadang diselipkan bahasa-bahasa daerah yang disertai terjemahan membuat kita lebih mengenal budaya sana. Masalah grafis sepertinya tidak usah diragukan lagi yaa. Komikus satu ini namanya udah mentereng di mana-mana. Pasutri Gaje pun dinobatkan sebagai Most Popular Local Webtoon pada ajang Line Indonesia Award yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Selamat ya!
Pasutri Gaje karya @annisa_nisfihani

5. Her Weird Hobby

Hobi Yunna memang aneh. Kerjaannya ngebaperin anak orang. Karena hidup nomaden akibat pekerjaan orang tuanya, Yuna tidak pernah menetap lama di satu sekolahan. Itu pula yang memperlancar Yuna melaksanakan hobinya. Ketika cowok yang digombalin kegeeran, tinggal Yuna tolak, dan nggak bakal berurusan lagi karena Yuna udah keburu pindah. Rahasia Yuna ini akhirnya bocor ke ketua kelas ganteng nan pinter, Robin. Masalahnya nggak cukup sampai situ. Kenyataan mengejutkan kalau Yuna nggak bakal pindah sekolah lagi berarti Yuna wajib menghentikan hobinya itu. Robin sebagai satu-satunya yang tahu rahasia Yuna ini pun bersedia menolong cewek cantik ini menghilangkan kebiasaanya.Tersebutlah Gerard, cowok unyu anak konglomerat yang baiknya nggak ketulungan yang mencuri ketertarikan Yuna. Yuna pun dapat menyalurkan kemampuan aktingnya di tempat yang tepat di ekskul teater bersama Gerard. Hayoloh, siapa yang bakal baper duluan?

Percakapan dan rayuan menggelikan ala anak sekolah yang bikin ketawa-ketawa sendiri menjadi garis utama dalam perjalaan kisah webtoon yang sudah memiliki banyak fans sejak masih challenge ini. Beberapa adegan juga disajikan dalam bentuk gif alias gambar bergerak walau cuma backgroundnya saja. Kalau di komik jepang, genrenya bisa dikategorikan school life dan shoujo manga. Gambar karakter yang unik juga menjadi ciri khas Her Weird Hobby.
Her Weird Hobby karya @valerieks

6. Infinite Sky

Demi perdamaian setelah perang yang menghabiskan dekade, Merissa, Putri Kerajaan Verheaven setuju untuk menikah dengan Reyanson Fawke, Raja Eslaqar, di usianya yang baru menginjak 18 tahun. Rey berusaha mendapatkan hati Merissa selama 3 bulan sebelum pernikahan dan meyakinkan keluarga kerajaan untuk menerima Merissa menjadi bagian keluarga Fawke. Namun tetap saja, ini pernikahan politik. Siapa yang tahu misi tersembunyi Rey walau Rey telah menunjukkan ketulusannya. Merissa mengemban mosi tidak percaya pada Rey apalagi setelah menjadi Ratu pendamping Raja, bukan Ratu di kerajaannya sendiri, membuatnya tidak bisa bertindak banyak. Merissa terus mencari tahu dengan berbagai cara. Pembaca diajak untuk menduga apakah Rey benar-benar mencintai Merissa?

Pastikan kamu berusia di atas 17 tahun untuk membaca webtoon ini ya. Konfliknya cukup rumit dengan aroma politik dan adegan 17+ lainnya. Webtoon yang official tahun 2018 lalu ini mengusung setting yang cukup unik yaitu kerajaan modern. Rajanya aja kerja make laptop dan hp XD Jadi nggak sesuai kalau menyebutnya genre historical macam manhwa isekai yang lagi ngetrend belakangan tahun terakhir.
Infinite Sky karya @rch_ella

7. iMarried

Bagaimana kalau tiba-tiba seorang pria datang menghampiri dan mengaku sebagai suamimu? Surat nikah, ada, orang-orang sekitar juga mengakui. Semesta seperti mengatakan kalau kamu yang amnesia. Padahal Amelie menjalani hidupnya dengan sadar sepenuhnya, compos mentis. Di sini berlaku kata-kata : Kamu kalah kalau kamu duluan yang jatuh cinta, tsaah. Tapi tidak masalah kalau tidak bertepuk sebelah tangan. Begitulah yang terjadi pada Amelie dan Henry. Project pertama berhasil karena keduanya baper dengan kondisi settingan yang ada. Pepatah benar, tidak semua rencana berjalan mulus. Project kedua kini berada di tangan Anthony. Malangnya nasib Anthony, tidak ada cewek normal yang menjadi targetnya. Malah, mereka kelabakan karena target terakhir mulai menguras dana yang dialokasikan untuk project. Karma does exist, loh ya.

Kalau dalam genre manga jepang, webtoon ini udah masuk dalam kategori romance dan josei karena target pembacanya berusia 18+. Plot twist cerita pertamanya memang dapet banget, dah. Pembaca dibuat menjadi ikut bingung siapa yang menipu dan ditipu. Karena ini pulalah yang mengulik penasaran para pembaca webtoon hingga karya duet Angellina (author yang sama dengan webtoon Alice) dan Takoyaki pun dinobatkan sebagai Best Selling Local Webtoon 2019 dalam acara Line Indonesia Award. Keren!
iMarried karya Angellina dan Takoyaki



Sebenarnya masih banyak judul webtoon lokal romance lain yang bagus-bagus dan kece banget seperti Eggnoid yang sudah mendapat adaptasi live-action filmnya, karya author Pasturi Gaje lain berjudul Virgo and the Sparkling, Alice karya author iMarried, Whisper of Hope yang mengusung tema supranatural, dan yang lainnya. Semua dapat diseusiakan dengan selera masing-masing namun 7 di atas yang gue ikutin. Karya anak bangsa memang keren-keren. Tidak cuma genre romance, genre lainnya juga patut untuk dicoba. Sampai lupa waktu kalau sudah mulai membaca dan terkadang menunggu episode terbaru tiap minggu cukup menyiksa batin. Semangat para author! Mari kita apresiasi karya-karya mereka dengan membaca langsung official-nya di aplikasi webtoon.

You May Also Like

5 komentar

  1. Saya paling suka baca komik Pasutri Gaje mbak. Seru banget. Ceritanya jg romantis antara Adimas sama Adelia. Salam aubinesia.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lain juga boleh dicoba kak... Ngga kalah seru apalagi yg masih on going. Sepertinya cerita Zona Maya yng seimbang utk pembaca cewek atau pun cowok. Terima kasih telah berkunjung 🤗

      Hapus
    2. Ok akan saya coba baca. Thx rekomendasinya ya!

      Hapus
  2. Kalo saya lebih suka baca komik yang matahari 1/2 lingkar, cerita nya romantis dan bagus apalagi tentang anak sekolah yang mengisahkan kayra dan aneka.

    Salam jejakdzgn

    BalasHapus
  3. Kalian harus baca whisper of hope. Veryrecomended. Sukak banget, alurnya, gambarnya ceritanya. Guwetrmasuk yg sk bosen baca kalo dah ktebak alurnya tp WOH ini beda, ada sedih dbumbui komedi, ngebuat yg baca jd ikutan seneng. Inimoodboster bangettt

    BalasHapus