Taklukkan Kebutuhan Hakiki Para Milenial dengan ASUS Vivobook Ultra A412DA

by - 23.48

Selama kurang lebih 5 tahun, ASUS seri Transformer T100 sudah menemani kehidupanku. Selalu menjadi teman di kala perjalanan karena ukurannya yang kecil dan juga ringan sehingga gampang untuk dibawa-bawa. Selain itu, baterainya juga tahan lama, cocok untuk para milenial dengan aktivitas segudang dan mobilitas yang tinggi. Rosus saya beri ia nama. Ro berasal dari kata Kuro yang dalam bahasa Jepang berarti hitam dan Sus berasal dari kata Asus. Gini-gini bersama Rosus saya sudah jalan-jalan ke beberapa kota bahkan tidak jarang saya selalu membawanya saat mudik. Rosus pula yang menjadi tulang punggung bangkitnya blog Magition.

Rosus (Sumber: Dokumentasi pribadi)

Kejadian menyedihkan menimpa Rosus 2 tahun lalu. Keunggulan Rosus yang berasal dari keluarga seri transformer ini yaitu fitur touchscreen dan juga layar yang bisa dilepas pasang dengan keyboard sehingga bisa menjadi tab. Keunggulan itu hilang ketika layar Rosus retak. Touchscreen-nya tidak berfungsi lagi. Rosus menjadi laptop biasa sejak saat itu. Saya pun mulai menyadari banyaka kekurangan Rosus untuk mengimbangi kebutuhan saya yang semakin banyak. Rosus sering kali eror terutama ketika saya sedang membuat WPAP, sebuah seni pop art wajah karya putra bangsa, Pak Wedha. Menggunakan aplikasi editing seperti photoshop dengan ratusan layer yang banyak dan waktu yang lama membuat Rosus lelah. 

Rosus akhir-akhir ini mulai bertingkah karena beban berat yang dia emban selama ini dan usianya yang tidak muda lagi. Sembari mengumpulkan pundi-pundi, saya pun mulai mengincar pengganti Rosus. Namun kendala utama yakni sulitnya mencari laptop seringkas Rosus. Inilah yang membuat saya begitu menyayangi Rosus. Maunya pengganti Rosus berasal dari merk yang sama yaitu ASUS karena merasa sudah satu  tangan. Selain itu, saya juga ingin mengupgrade spesifikasi laptop karena Rosus kecil memiliki spesifikasi yang tidak begitu mumpuni untuk gaming dan multitasking.

Mengapa ASUS?

Filosofi pegasus yang diterapkan ASUS

Tak kenal maka tak sayang. Kita kenalan dulu dengan asal muasal ASUS yang katanya berasal  dari kata Pegasus. Itu loh kuda bersayap dari Mitologi Yunani. Wah, cerita dibalik namanya saja sudah menarik untuk disimak ya! Pegasus melambangkan kebijaksaan dan pengetahuan.  ASUS mengusung nama ini dengan mengemban makna kekuatan, kemurnian, dan semangat berani mengambil risiko dari makhluk ajaib ini, dan juga kuda terbang ini dapat melambangkan bahwa ia dapat melambung tinggi dengan batasan yang baru pada setiap produk yang mereka buat. Jadi ASUS bukan singkatan nama pendirinya, ya! Industri teknologi asal Taiwan ini dulunya hanya membuat hardware untuk personal computer seperti motherboard namun sekarang telah meluas hingga produksi notebook dan sebuah PC yang utuh.


Keunggulan ASUS versi laptopmag.com


Inovasi dan desain menjadi keunggulan produk ASUS. Slogannya pun berbunyi ASUS: Inspiring Innovation. Bukan sekedar slogan yang hanya digaung-gaungkan, ASUS berhasil membuktikan hasil nyatanya. Duduk di peringkat kedua sebagai merk laptop terbaik tahun 2019 versi  laptopmag dengan mengalahkan brand terkenal lainnya, ASUS unggul dengan nilai sempurna dan nilai tertinggi pada kategori inovasi. ASUS juga mendapat nilai yang lebih tinggi dari sang jawara pada kategori desain. Tidak heran ASUS selalu hadir dengan terobosan baru dalam setiap seri laptop-nya dan dengan desain yang ringkas dan menggiurkan. Salah satu buah karya dari inovasi dan desain ini ialah serial Vivobook.

Wah, saya harus move on dari seri transformer! Asus serial vivobook pun menarik minat!


ASUS Vivobook Ultra A412DA

Karena perbandingan saya adalah laptop terdahulu saya maka saya ingin mencari laptop dengan massa yang ringan, ringkas sehingga gampang dibawa, baterai yang tahan lama, dan spesifikasi yang lebih baik untuk multitasking karena penggunaan laptop kian lama kian vital apalagi laptop ukuran kecil biasanya tidak sanggup melakukan aktivitas berat seperti gaming. Apa saja kelebihan yang dihadirkan ASUS Vivobook Ultra A412DA yang baru dirilis Juni lalu ini?

Travel Friendly

Mengenai massa dan ukuran, tidak perlu diragukan lagi. ASUS Vivobook Ultra A412DA memiliki julukan ultrathin yang berarti sangat tipis dan bahkan mendapat predikat world's smallest 14" ultrabook (laptop terkecil di dunia untuk ukuran layar 14 inch). Massanya hanya seberat 1,5 kilogram dan tebalnya kurang dari 1 inch. Tipis dan ringan adalah kedua karakter laptop yang dibutuhkan para traveller yang perlu banget ngeblog sembari menikmati perjalanan. Desain yang ringkas ini menjadikannya sahabat para pelancong. Tidak perlu ragu untuk selalu membawanya, dijamin tidak perlu menambah bagasi karena tidak membebani. Hidup berlangsung cepat jangan sampai beratnya beban bawaan menjadi penghambat produktivitas.


Lapang pandang yang luas

Laptop ini mengusung istilah Nanoedge display yang berarti sedikitnya sisi-sisi bingkai yang tersisa di pinggir layar. Hanya menyisakan 5,7 mm di sisi kanan dan kiri, memberikan perbandingan screen-to-body  menjadi 87%.  Memang belum sehebat saudaranya dari serial Zenbook, namun seri Vivobook yang bukan dikhususkan untuk gaming pun dapat menjadi pilihan karena menampilkan pemandangan yang luas.


Dua derajat demi kenyamanan

Kemiringan keyboard 2 derajat (Sumber: Asus)

Sering merasa pegel pada pergelangan tangan dan jari jemari kalau mengetik lama? Awas! Jika berlangsung terus menerus akan terjadi neurapati atau kerusakan pada sistem saraf pada jari jemari dan pergelangan tangan anda. Dalam rangka menghadirkan kenyamanan mengetik, ASUS hadir dengan terobosan ergo lift 2 derajat. Hal ini berarti bagian keyboard akan naik sekitar 2 derajat demi kenyamanan pengetikan. Ini dinilai sebagai posisi yang ergonomis. Terobosan ini tentu sangat inovatif dan telah diterapkan asus sejak beberapa seri laptop sebelumnya. Selain ergonomis, dengan naiknya bagian keyboard 2 derajat di atas permukaan, hal ini memberikan mesin celah untuk bernafas. Laptop pun mendapatkan sirkulasi udara sehingga tidak cepat panas.


Keyboard bercahaya

Backlit keyboard atau juga dikenal dengan istilah illuminated chiclet keyboard merupakan keyboard yang dilengkapi dengan fitur lampu pada keyboard untuk memfasilitasi aktivitas mengetik dalam kondisi minim cahaya. Chiclet keyboard merupakan keyboard yang dirancang sedemikian rupa dengan jarak antar tombol yang sesuai serta mudah ditekan. Daya tahan tekannya mencapai 10.000 kali penekanan. Chic banget, kan?

Number Pad di touchpad

Kangen dengan Number Pad di keyboard laptop yang selama ini dihilangkan untuk membuat ukuran laptop menjadi lebih ringkas? Vivobok 14 membawa desain inovatif,  kembali menghadirkan number pad pada touchpad. Sentuh saja sensor khusus pada touchpad, dan blink! Touch pad akan berubah menjadi Number pad bercahaya LED.


Konektivitas tanpa batas

Hubungan antar gadget yang baik menjadi pertimbangan utama saat memilih laptop. Kalau kita saja sulit memindahkan dokumen dari smartphone maupun kamera ke laptop atau gadget lain, sungguh sangat menghambat aktivitas. Apalagi buat yang hobi jalan-jalan. Pemindahan foto dan video dari kamera sangat menuju laptop atau pun smarthphone menjadi bagian yang vital. Vivobook menyediakan bluetooth 2 untuk memudahkan transfer data. Selain itu, ASUS Vivobook ini juga menghadirkan berbagai port untuk menghubungkan laptop ini dengan alat elektronik lainnya.

Konektivitas tanpa batas milik ASUS Vivobook A412DA

  1. Port USB Tipe C dapat menghubungkan gadget dengan gampangnya.
  2. Kehadiran port USB 3.1 menghadirkan kecepatan pemindahan dokumen yang meningkat hingga 10 kali lipat dari port USB 2.0.
  3. Tidak ketinggalan port HDMI output yang dapat memproyeksikan tampilan laptop ke alat elektronik lain seperti televisi.
  4. Menggunakan micro SD yang biasa digunakan di smartphone tidak perlu ragu lagi karena ASUS Vivobook Ultra A412DA juga menghadirkan port micro sd reader.
  5. Slot keamanan atau dikenal dengan nama Kensington Security Slot yang paling sering diabaikan juga ada. Pada slot ini kita dapat menghubunngkan sebuah kabel yang salah satu ujungnya dimasukkan dalam port ini, dan ujung satunya yang ditautkan pada benda lain. Hal ini agar laptop tidak mudah diambil. Ayo ngaku siapa yang baru tau kegunaan security slot



Setelah membahas bagian body, mari kita unboxing organ-organ yang berada di  dalam ASUS Vivobook Ultra A412DA ini.


Prosesor: AMD Ryzen 5 3500U Quadcore hingga AMD Rhyzen 7 3700U

Prosesor berperan sebagai otak sebuah personal computer yang berfungsi untuk memproses data berupa bilangan hingga menghasilkan output yang kita lihat pada layar laptop kita.  Semakin banyak transmisi data yang dapat dilakukan per detiknya, maka semakin baik pula kualitas prosesor tersebut. Biasanya pengukuran kemampuan ini dilambangkan dengan satuan Hz.

Advanced Micro Device (AMD) adalah salah satu dari 2 produser prosesor terbesar dan ternama di dunia. AMD menjadi favorit para gamer karena cepat dan grafis yang dihasilkan pun tajam. Prosesor AMD yang dipasang pada ASUS Vivobook Ultra A412DA ini tidak main-main yaitu AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor  dan AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor. AMD Ryzen 5 3500U Quadcore ini sendiri memiliki kecepatan clockspeed hingga 3,7 Ghz. Bayangkan ada 3,7 miliar operasi yang dapat diselesaikan per detik. Prosesor AMD Ryzen 3000 series menjadi prosesor pertama di dunia yang mendukung konektivitas super cepat sehingga mumpuni untuk digunakan bermain game dan pembuatan konten dengan performa yang lebih kencang.


Grafis: Radeon RX Vega 10

Prosesor dari keluarga AMD Ryzen tadi dipasangkan dengan grafis Radeon RX Vega 10. Kehadiran grafis yang berkualitas ini dapat memfasilitasi kamu bermain video game dengan tampilan yang menjanjikan, menonton video dengan kualitas gambar yang lebih jernih, dan tentu saja memudahkan dalam proses pengeditan foto maupun video. Kamu seorang gamer? Atau hobi maraton drama sampai tengah malam? Atau seorang freelance desaigner? Blogger atau vlogger? Semua cocok dengan pasangan kombi prosesor grafis yang mengusung ketangguhan Radeon RX Vega. 


Media penyimpanan: SSD

Multitasking sudah menjadi bagian dalam hidup di era teknologi seperti sekarang ini. Siapapun membutuhkan laptop yang responsif untuk banyaknya aktivitas dalam suatu waktu. Proses booting pun juga diharapkan berlangsung singkat. SSD merupakan pembaharuan dari pendahulunya HDD dengan mengunggulkan performa yang lebih cepat. Media penyimpanan SSD yang disediakan yaitu 256 gb.


RAM: dapat diupgrade hingga 12 GB.

RAM atau Random Access Memory berfungsi menyimpan data yang diproses secara sementara dan akan hilang ketika laptop dimatikan. Semakin besar RAM maka semakin cepat pula kinerja sebuah personal computer karena RAM juga bertugas membantu kinerja prosesor. Umumnya laptop yang difasilitasi untuk para content creator berkisar pada 3 gb namun ASUS Vivobook A412D hadir dengan angka lebih besar yaitu 4 GB dan 8 GB sehingga kinerjanya pun lebih menjanjikan.

Aman terkendali dengan Windows Hello

Windows Hello siap menyapamu setiap saat

Penggunaan password semakin hari semakin tersingkirkan. Mudah diketahui menjadi kekurangannya sehingga keamanan mudah dibobol. Fitur pendeteksi wajah maupun sidik jari menjadi solusi keamanan. Log in dengan pendeteksi wajah tidak hanya ada di smartphone tapi juga hadir dalam laptopmu. ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah terinstal windows 10 asli yang siap pakai. Windows hello adalah fitur baru dari windows 10 yang memungkinkan log in dengan mendeteksi wajah atau pun jari. ASUS Vivobook Ultra A412DA pun dilengkapi dengan pendeteksi sidik jari sehingga windows hello dapat kamu gunakan. Nggak ada lagi yang dengan iseng buka isi folder-foldermu, loh!

Daya tahan baterai

Daya tahan baterai merupakan pertimbangan yang penting dalam dunia yang dinamis ini. ASUS Vivobook Ultra A412DA dilengkapi fitur fast charging yang hanya membutuhkan 49 menit untuk mengisi 60% baterai. Pas banget kalau lagi buru-buru sedangkan laptop sudah kehabisan baterai. Seri ini juga didukung dengan ASUS baterai health yang memastikan proses pengisian baterai aman untuk laptop maupun kita sebagai pengguna.

Kualitas Audio yang bombastis

Sebagai penggemar drama dan anime jepang, audio merupakan aspek penting. Menonton sekaligus mempelajari yang mereka katakan sebagai salah satu usaha mempelajari bahasa asing menjadikan audio sangatlah dibutuhkan. Selain itu, apa coba rasanya menonton dan bermain tapi suaranya tidak menggetarkan. Sungguh tidak bikin greget. Emosi juga tidak tersampaikan. ASUS sudah bekerjasama dengan beragam ahli audio menghadirkan ASUS Sonic Master yang menghadirkan kualitas audio premium: audio lebih bertenaga dengan bass yang lebih tebal. Bermain game juga lebih seru dengan audio yang kondusif. ASUS Sonic Master akan menyaring kebisingan suara dan meningkatkan kerjenihan suara sehingga audio yang didengarkan dapat membuat kita terbenam. Ceileh!

 Hadir dalam berbagai pilihan warna: choose your fighter!

Pilih warna favoritmu (Sumber foto: asus)

Yang penuh warna bukan hidupmu saja tapi ASUS Vivobook juga. Sudah mantap memilih vivobok sebagai laptopmu? Saatnya memilih warna kesukaan yang disediakan sesuai tipe kepribadian pengguna:
1. Transparent silver diperuntukkan  bagi kamu yang ingin tampil sederhana namun elegan
2. Slate grey hadir untuk pecinta tampilan klasik
3. Peacock blue dengan warna biru yang unik karena akan berubah sesuai pantulan cahaya.
4. Coral crush berwarna merah kekuningan untuk tampilan cerah seperti masa depan.

ASUS Vivobook Ultra A412DA hadir dengan segala kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hakiki para milenial. Baik multitasking untuk para content creator, mahasiswa, hingga para profesional maupun untuk gaming. Penuhi kebutuhan milenialmu dengan ASUS Vivobook Ultra A412DA!


Tulisan ini diikutsertakan pada blog competition- colorful with vivobook ultra A412DA

Terima kasih kepada sumber-sumber yang tertera: asus.com, amd-id.com, laptopmag.com

You May Also Like

3 komentar

  1. Laptop ASUS emang kuat banget, dari jaman skripsi pake software berat pun ga bikin laptopnya jadi "ngelag" sampe sekarang masih kuat apalagi laptop baru sekarang yang makin ringkas!

    BalasHapus
  2. Iyaa tik, Rosus juga tangguh klo untuk urusan skripsi. Memang mantap 👌

    BalasHapus
  3. Di kntor pake laptop Asus emg batre nya awet bgt jd ga susah payah lagi dikit2 cas dikit2 cas hehe

    BalasHapus