10 Hal Yang dilakukan Bila Muncul Keraguan

by - 07.41

 

1. Toleh ke belakang

 Berhentilah sejenak dan renunkan dari mana Anda telah memulai perjalanan. Apakah Anda menyukai perjalanan itu? Tenangkan diri! Katakan pada diri sendiri bahwa keraguan lebih baik daripada harus mundur di tengah jalan.

2. Tanya teman

Temui orang yang dipercaya bisa emberikan kontribusi pemikiran secara terbuka dan jujur. Tanyakan pada mereka mengenai keraguan Anda di berbagai aspek, supaya mereka dapt membantu mempertimbankan mana keraguan yang nyata dan fiktif.

3. Buat 2 jenis daftar

Tulis pro-kontra yang muncul berkaitan dengan apa yang sedang diperjuangkan. Kolom pertama untuk menulis keraguan yang muncul, kolom kdua menulis prestasi yang hemdak dikejar. Gunakan informasi ini untuk membandingkan besar-kecilnya kesempatan Anda dibandingkan tingkat keraguan yang terjadi.

4. Terus maju walau semakin sulit

Hal buruk bisa terjadi. Pada saat sulit, Anda harus terus maju dengan memberika energi yang semakin besar.

5. Bercermin pada tokoh panutan

Belajar dari kisah kesuksesan orang yang Anda kagumi dalam mengatasi masalah keraguan Anda.

6. Keraguan bisa menjadi pertanda baik

Keraguan menjadi petunjuk bahwa Anda telah meninggalka aman Anda dan mulai masuk ke wilayah baru. Dala hal ini, keraguan bisa digunakan sebagai tanda keberhasilan, bukan peringatan!


7. Gunakan kenyataan sebagai alat ukur

Keraguan adalah perasaan yang muncul saat kita bergerak maju. Perasaan ini menbantu kita untuk melakukan penyesuaian tertentu sepanjang perjalanan, sehingga bisa tetap berada pada jalur yang benar.Oleh sebab itu bila muncul keraguan, Anda mungkin sedang pada suatu persimpangan jalan yang sedang dilalui.

8. Gali lebih dalam

Jika Anda berada pada suatu situasi yang syarat persaingan, pesaing Anda mungi pula mengalami keraguan yang sama. Dalam keadaan seprti itu, gali kemampuan Anda dlaa dan terus melangkah maju. Biarkan pesaing Anda terjerat kebimbangan dan mundur.

9. Ambil langkah pendek

Keraguan bisa sebagai tanda ambisi berlebihan, dalam hal tujuna jangka pendek yang perlu diambil. Perubahan membutuhkan waktu. Anda harus belajar melambatkan gerak langkah, jika sedang menghadapi bagian yang terasa sulit.

10. Gunakan foto

Orang sukses biasanya menggunakan foto yang mendokumentasikan visi dan cita-cita jangka panjng mereka.Jika memiliki foto seperti itu, tempellah di dinding  atau di meja kerja. Foto tersebut bisa memberi inspirasi saat menghadapi kabut keraguan

You May Also Like

1 komentar